Cari Blog Ini

Minggu, 27 Januari 2013

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)



Hal-hal yang perlu dihindari untuk membangun sebuah web yaitu :
           Semua teks menggunakan huruf capital
           Ukuran teks yang amat kecil, terutama huruf miring
           Link yang tidak terhubung
           Animasi yang tanpa berhenti
           Hal yang kelihatan seperti tombol padahal bukan tombol
           Ada pesan “under construction”/ dalam perbaikan
           Melalaikan tag ALT untuk gambar
           Tidak menandakan ukuran gambar
           Tidak terdapat halaman home
           Tidak ada tombol untuk menuju lokasi sebelumnya atau sesudahnya.
Jenis Help Dan Dokumentasi
  1. Paper-based (tercetak)

Keunggulan :
     Pengguna dapat menggunakannya di luar masa pengerjaan tugas 
     Pengguna dapat menuliskan catatan tertentu yang diperoleh saat menjalankan sistem.

Kekurangannya :
     Agak sulit mendeskripsikan sesuatu yang bergerak
     Sulit menyesuaikan antara sesuatu yang dibaca dengan kenyataan sebenarnya di dalam sistem 
     Pengguna akan kesulitan membaca saat menjalankan sistem, karena kurang praktis

  1. Computer-based
Jenis computer-based yaitu :
n      Command assistance 
n      Command prompts
n      Context sensitive help
n      Online tutorial
n      Online documentation.
n      Intelligent Help System
Tahapan pembuatan prototype seperti pada gambar berikut :

IDENTIFIKASI KEBUTUAHAN              pengenbang dan pemakai bertemu
                          |                                          pemakai menjelaskan kebutuhan sistem
              MEMBUAT                                - pengembang mulai membuat prototipe
                          |
              MENGUJI                                   _pemakai menguji prototipe dan memberikan kritik dan saran
                          |                              
             MEMPERBAIKI                          -pengembang melakukan modifikasi sesuai dgn masukan pmakai
                          |
             MENGEMBANGKAN VERSI PRODUKSI       pengembang mrampungkan modifikasi sesuai dgn prmintaan pmakai


Metode Prototyping
Metode pembuatan prototipe dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.  Metode Non-Computer

Metode ini biasanya dikerjakan lebih awal dalam proses pembuatan. Jenis metode non-computer yaitu :
  1. Sketsa,Mock-Ups
  2. Storyboarding
  3. Skenario 
  4. Tutorial dan manual

2.  Metode Computer-Based

Metode ini biasanya dikerjakan kemudian. Sifat metode computer-based yaitu:
              Menirukan lebih banyak kemampuan sistem. 
              Pada umumnya hanya baru beberapa aspek atau fitur 
              Dapat berpusat pada lebih banyak detail 
                       Para pemakai lebih segan untuk menyarankan    perubahan sekali ketika mereka melihat prototype         yang lebih realistis.
            • Prototipe cepat digambarkan sebagai suatu metode     berbasis komputer yang dapat membantu untuk             mengurangi iterasi siklus pengembangan
           
Analisis Situs
Hal-hal yang perlu dihindari untuk membangun sebuah web yaitu :
           Semua teks menggunakan huruf capital
           Ukuran teks yang amat kecil, terutama huruf miring
           Link yang tidak terhubung
           Animasi yang tanpa berhenti
           Hal yang kelihatan seperti tombol padahal bukan tombol
           Ada pesan “under construction”/ dalam perbaikan
           Melalaikan tag ALT untuk gambar
           Tidak menandakan ukuran gambar
           Tidak terdapat halaman home
           Tidak ada tombol untuk menuju lokasi sebelumnya atau sesudahnya.
Tidak mengetahui sasaran untuk pengguna situs
           Memiliki platform dengan komposisi yang lemah
           Tidak memberikan kenyamanan User Interface Standard
           Tampil dengan interface yang tidak menarik
           Isi yang ketinggalan jaman atau tidak akurat
           Isinya tidak berbobot
           Halaman yang diakses lambat
           Susah untuk dipelihara
           Tingkat keamanan yang lemah
          Strategi iklan tidak baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar